Rabu, 15 Juni 2016

RPP K-13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SD
Kelas/semester            : II/1
Tema/sub Tema           : Hidup Rukun (1) / Hidup Rukun di Rumah (1)
Pembelajaran Ke         :1


A.    Kompetensi Inti
KI 1 :   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3 :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 :               Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
PJOK
Kompetensi Dasar:
1.1          Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2          Berperilaku sportif dalam bermain.
3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.6 Mengetahui konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.6 Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.

MATEMATIKA
Kompetensi Dasar
1.1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1  Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan)
4.1  Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100

PPKn
Kompetensi Dasar
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1  Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin,tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3  Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

BAHASA INDONESIA
Kompetensi dasar
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5  Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.3  Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3  Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
3.5  Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5  Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian




SBDP
Kompetensi Dasar
1.1  Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1  Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri
dalam mengolah karya seni.
3.1  Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
3.2  Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.3  Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media
4.8  Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga

C.    Indikator
PJOK
3.2.1 Mengidentifikasikan konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau permainan tradisional.
3.6.1 Mengidentifikasikan konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6.1  Mempraktikkanpenggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.




MATEMATIKA
3.1.1  Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.2  Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1  Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan
kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100

PPKn
3.3.1 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4.3.1 Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.

BAHASA INDONESIA
3.3.1 Menentukan karakter setiap individu di rumah.
3.3.2 Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5.1 Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga

SBDP
3.2.1  Mengidentifikasiberbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.8.1  Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis secara teliti.
2.      Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
3.      Dengan menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
4.      Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
5.      Dengan teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
6.      Dengan menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
7.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
8.      Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
9.      Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti.
10.  Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
11.  Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
12.  Dengan mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
13.  Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
14.  Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapatmenceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.

E.     Materi Ajar
(terlampir)

F.     Alokasi Waktu
6  35 menit

G.    Pendekatan dan Metode
Saintifik
Discovery ,Tanya jawab, penugasan
H.    Kegiatan Pembelajaran

a.      Pendahuluan
1.    Siswa memulai kegiatan dengan berdoa.
2.    Siswa di periksa kehadirannya oleh guru.
3.    Siswa diberi apersepsi oleh guru
4.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

b.      Kegiatan Inti
1.      Menuliskan pertanyaan beserta jawaban berdasarkan gambar pada buku siswa
2.      Guru memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa (mengamati).
3.      Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” secara bersama-sama dengan percaya diri (mencoba).
4.      Siswa dibimbing memainkan alat musik ritmis (mengamati).
5.      Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dengan memainkan
alat musik ritimis (mencoba).
6.      Siswa membaca nyaring syair lagu (mengamati).
7.      Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa (menalar).
8.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah setempat (menanya).
9.      Siswa menyebutkan sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang ada dalam keluarganya (mengomunikasikan).
10.  Siswa membaca teks buku harian Udin (mengamati).
11.  Siswa menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin (menalar).
12.  Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
13.  Siswa membaca contoh ucapan permohonan maaf yang ada pada buku siswa (mengamati).
14.  Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang ucapan permohonan maaf yang santun (menanya).
15.  Guru menjelaskan kalimat permohonan maaf yang santun kepada siswa, kemudian siswa dibimbing memperagakan ucapan permohonan maaf (mengamati).
16.  Siswa memperagakan ucapan permohonan maaf di depankelas (mencoba).
17.  Siswa diajak mengamati rak buku yang ada di dalam kelas atau perpustakaan sekolah (mengamati).
18.  Siswa menghitung jumlah buku pada rak yang diamati (menalar).
19.  Siswa mengamati gambar susunan buku yang ada pada buku siswa (mengamati).
20.  Siswa mengamati gambar cara menghitung jumlah buku dengan menggunakan sistem blok dienes (mengamati).
21.  Siswa bertanya tentang gambar yang telah diamati (menanya).
22.  Siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan pengamatan (mengomunikasikan).
23.  Siswa membilang banyak benda berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa (menalar).
24.  Dari kegiatan membilang yang telah dilakukan, siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
25.  Siswa membuat kalimat dengan menggunakan salahsatu lambang bilangan dari lima bilangan pada kegiatan membilang yang telah dilakukan sebelumnya (menalar).
26.  Siswa menyalin kalimat yang telah dibuat dalam huruf tegak bersambung (mencoba).
27.  Siswa mengamati gambar tumpukan buku pada beberapa rak (mengamati).
28.  Siswa membandingkan banyak buku yang ada pada masingmasing rak (menalar).
29.  Siswa mengamati sebuah barisan bilangan yang ada pada buku siswa (mengamati).
30.  Siswa menyebutkan pola bilangan pada barisan bilangan yang diamati (mengomunikasikan).
31.  Siswa melengkapi barisan bilangan berpola +1 (menalar).
32.  Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan bersama anggota keluarga dengan menggunakan EYD yang tepat (mencoba).
33.  Siswa menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin pada teks buku harian yang ditulis (mencoba).
34.  Siswa menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin pada teks buku harian yang ditulis (mengomunikasikan).
35.  Siswa menyanyikan kembali lagu Ruri Abangku sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis.
36.  Guru menugaskan siswa menulis contoh kalimat permohonan maaf.
37.  Siswa diminta menceritakan kembali keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
38.  Siswa diberikan latihan tentang membilang dengan menggunakan kubus satuan
39.  Bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam memainkan alat musik ritmis diberikan bimbingan, bimbingan dapat diberikan di luar jam pelajaran.
40.  Bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis kalimat permohonan maaf diberikan bimbingan berupa latihan dan contoh-contoh kalimat permohonan maaf yang lebih beragam.
41.  Bagi siswa yang kesulitan dalam menulis teks buku harian tentang kebersamaan dengan anggota keluarga diberikan bimbingan secara berkala.
42.  Bagi siswa yang kesulitan dalam membilang dengan menggunakan kubus satuan diberikan latihan tambahan.


c.       Kegiatan penutup
1.      Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan hari itu,contoh :
·         Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?
·         Apa kesulitan yang kalian temui?
·         Kegiatan apa yang kalian sukai?
2.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3.      Guru menutup pelajaran(salam/doa).

I.       PENILAIAN
1.      Sikap


Perubahan tingkah laku
no
Namamsiswa
Percaya diri
teliti
santun


BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Abdul












2
Ahmad












3
Alifa












4
Ariyanda












5
Ariyo














2.      Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a.      Menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin
Jumlah Soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 25
Kunci jawaban :
1. Udin meminta maaf karena menyobek buku kakak.
2. Karena tidak sengaja membuat buku kakak sobek.
3. Iya, kakak memaafkan Udin.
4. Udin akan sedih, mereka bisa bertengkar.
5.Peragaan ucapan permohonan maaf (penilaian pada aspek keterampilan).
b.      Membilang dengan menggunakan balok dienes atau kubus satuan
Jumlah soal : 5 buah
Maksimal: 100
Skor setiap jawaban : 20
Kunci jawaban :Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa.
c.       Melengkapi barisan bilangan +1
Jumlah soal : 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban : 20
Kunci jawaban :
1.   38, 39, 40, 41, 42
2.   40, 41, 42, 43, 44
3.   44, 45, 46, 47, 48
4.   44, 45, 46, 47, 48
5.   45, 46, 47, 48, 49
3.      Keterampilan
a.      Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
No
Nama
Kriteria


Penugasan lagu
Kemampuan memainkan alat musik ritmis
Kotak score
Nilai
1
Abdul




2
Ahmad




3
Alifa




4
Ariyanda




5
Ariyo




Keterangan :
Penugasan lagu :
4 : Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru                    3 :Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru
2: Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat walaupun telah dibimbing guru.
1: Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru.



Kemampuan memainkan alat music ritmis :                                                         
no
Nama siswa 
Kriteria
Nilai


Penugasan lagu
Kemampuan memainkan alat musik ritmis
Kotak score
1.
Abdul




2.
Ahmad




3.
Alifa




4.
Ariyanda




5.
Ariyo




Keterangan :Penugasan Lagu
4 : Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru. (baik sekali)
3 : Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru. (baik)
2 : Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat walaupun telah dibimbing guru. (cukup)
1 : Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru. (perlu bimbingan)
Keterangan : kemampuan memainkan alat music ritmis
4 : Mampu mengembangkan ritmis dari pola yang disajikan. (baik sekali)
3 : Hanya mampu memainkan ritmis dari pola yang disajikan, tapi tidak mampu untuk mengembangkan. (baik )
2 : Mengalami kesulitan dalam meniru ritmis yang disajikan. (cukup)
1 : Tidak mampu sama sekali meniru ritmis yang disajikan.(perlu bimbingan)




b.      Memperagakan ucapan permohonan maaf
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik Penilaian Memperagakan Ucapan Permohonan Maaf
No
Nama
Kriteria
Nilai
Ekspresi
Lafal
Intonasi
Volume suara
Kotak score
1.
Abdul






2.
Ahmad






3.
Alifa






4.
Ariyanda






5.
Ariyo






Keterangan : ekspresi
4 : Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten.(baik sekali)
3 : Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.(baik)
2 : Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.(cukup)
1 : Monoton, tanpa ekspresi. (perlu bimbingan)
Keterangan : lafal
4 : Dialog dilafalkan dengan tepat dan jelas. (baik sekali)
3 : Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafalannya. (baik)
2 : Lebih dari 2 kata belum tepat pelafalannya. (cukup)
1 : Hampir semua kata belum tepat pelafalannya. (perlu bimbingan)
Keterangan : intonsi
4 : Intonasi sesuai dengan dialog secara konsisten. (baik sekali)
3 : Intonasi sesuai dengan dialog namun kurang konsisten. (baik)
2 : Intonasi tidak sesuai dengan dialog. (cukup)
1 : Tanpa intonasi. (perlu bimbingan)
Keterangan : volume suara
4 : Volume suara keras dan jelas. (baik sekali)
3 : Volume suara jelas. (baik)
2 : Volume suara kurang jelas. (cukup)
1 : Suara sangat pelan dan tidak jelas. (perlu bimbingan)
c.       Menulis teks buku harian
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Teks Buku Harian
No
Nama
Kriteria
Nilai

Penggunaan huruf besar, dan tanda baca

Kesesuaian isi teks yang
ditulis dengan tema buku
harian
penulisan
Penggunaan kalimat yang
efektif
Kotak score
1.
Abdul






2.
Ahmad






3.
Alifa






4.
Ariyanda






5.
Ariyo






Keterangan : penggunaan huruf besar dan tanda baca
4 : Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat. (baik sekali)
3 : Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.(baik)
2 : Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.(cukup)
1 : Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.(perlu bimbingan)
Keterangan : Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema buku harian
4 : Seluruh isi teks yang ditulis sesuai judul atau tema. (baik sekali)
3 : Setengah atau lebih isi teks sesuai judul atau tema. (baik)
2 : Kurang dari setengah isi teks sesuai judul atau tema.(cukup)
1 : Semua isi teks belum sesuai. (perlu bimbingan)
Keterangan : penulisan
4 : Penulisan kata sudah tepat. (baik sekali)
3 : Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya.(baik)
2 : Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya.(cukup)
1 : Semua kata belum tepat dalam penulisan. (perlu bimbingan)
Keterangan : Penggunaan kalimat yang efektif
4 : Semua kalimat menggunakan kalimat yang efektif.(baik sekali)
3 : Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.(baik)
2 : Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.(cukup)
1 : Semua kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif.(perlu bimbingan)

J.      Sumber dan Alat Bantu Pembelajaran
Sumber :
1.      Afriki, dkk. 2013. Buku guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk
SD/MI Kelas II Tema Hidup Rukun. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
2.      Afriki, dkk. 2013. Buku siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk
SD/MI Kelas II Tema Hidup Rukun. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
            Alat bantu pembelajaran :
1.      Teks lagu “Ruri Abangku”.
2.      Contoh teks buku harian Udin.
3.      Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan.
4.      Gambar beberapa rak buku yang berkaitan dengan barisan bilangan +1.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar