RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas/semester : II/1
Tema/sub
Tema : Hidup Rukun (1) / Hidup
Rukun di Rumah (1)
Pembelajaran
Ke :1
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar,
melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya
di rumah dan di sekolah.
KI
4 : Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
PJOK
Kompetensi
Dasar:
1.1
Menghargai tubuh dengan
seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2
Berperilaku sportif
dalam bermain.
3.2
Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
3.6
Mengetahui konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan
non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
gerak ritmik.
4.2
Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep
gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.6
Mempraktikkan penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor
sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
MATEMATIKA
Kompetensi
Dasar
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1 Mengenal
bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan)
4.1 Memprediksi
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
PPKn
Kompetensi
Dasar
1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang,
jujur, disiplin,tanggung
jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.3
Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
BAHASA INDONESIA
Kompetensi
dasar
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa
daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam
percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan
bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang
kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu
penyajian.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis
yang
dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam
kemajemukan
keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan
dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBDP
Kompetensi
Dasar
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni
sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih
mengekspresikan diri
dalam
mengolah karya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.3 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan
beragam media
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama tiga
C.
Indikator
PJOK
3.2.1
Mengidentifikasikan konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2.1
Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep
gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan
atau permainan tradisional.
3.6.1
Mengidentifikasikan konsep penggunaan variasi pola gerak dasar lokomotor dan
non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
gerak ritmik.
4.6.1 Mempraktikkanpenggunaan variasi pola gerak
dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam aktivitas gerak ritmik.
MATEMATIKA
3.1.1 Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok
dienes (kubus satuan).
3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan
kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan
kurang
dari 100.
4.1.2
Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100
PPKn
3.3.1
Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4.3.1
Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
BAHASA INDONESIA
3.3.1
Menentukan karakter setiap individu di rumah.
3.3.2
Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
3.5.1
Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan
keluarga.
4.3.1
Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5.1
Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga
SBDP
3.2.1 Mengidentifikasiberbagai pola irama lagu
dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama tiga.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola
irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis secara teliti.
2. Dengan
menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu
bertanda birama tiga dengan percaya diri.
3. Dengan
menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan, siswa dapat
menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
4. Dengan
kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap individu di rumah
berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
5. Dengan
teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga
sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
6. Dengan
menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa dapat mengidentifikasi
contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan
teliti.
7. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan
santun dan percaya diri.
8. Dengan
menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
9. Dengan
menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti.
10. Dengan
mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
11. Dengan
mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.
12. Dengan
mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa dapat menulis
teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
13. Dengan
kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota
keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
14. Dengan
kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapatmenceritakan kebersamaan dengan
anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan
percaya diri.
E.
Materi
Ajar
(terlampir)
F.
Alokasi
Waktu
6
35
menit
G.
Pendekatan
dan Metode
Saintifik
Discovery ,Tanya jawab, penugasan
H.
Kegiatan
Pembelajaran
a.
Pendahuluan
1. Siswa
memulai kegiatan dengan berdoa.
2. Siswa
di periksa kehadirannya oleh guru.
3. Siswa
diberi apersepsi oleh guru
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan
Inti
1. Menuliskan
pertanyaan beserta jawaban berdasarkan gambar pada buku siswa
2. Guru
memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa (mengamati).
3. Siswa
menyanyikan lagu “Ruri Abangku” secara bersama-sama dengan percaya diri (mencoba).
4. Siswa
dibimbing memainkan alat musik ritmis (mengamati).
5. Siswa
menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dengan memainkan
alat
musik ritimis (mencoba).
6. Siswa
membaca nyaring syair lagu (mengamati).
7. Siswa
menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa (menalar).
8. Siswa
dan guru melakukan tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah
setempat (menanya).
9. Siswa
menyebutkan sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang ada dalam keluarganya
(mengomunikasikan).
10. Siswa
membaca teks buku harian Udin (mengamati).
11. Siswa
menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin (menalar).
12. Siswa
mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan
keluarga (menalar).
13. Siswa
membaca contoh ucapan permohonan maaf yang ada pada buku siswa (mengamati).
14. Siswa
dan guru melakukan tanya jawab tentang ucapan permohonan maaf yang santun
(menanya).
15. Guru
menjelaskan kalimat permohonan maaf yang santun kepada siswa, kemudian siswa
dibimbing memperagakan ucapan permohonan maaf (mengamati).
16. Siswa
memperagakan ucapan permohonan maaf di depankelas (mencoba).
17. Siswa
diajak mengamati rak buku yang ada di dalam kelas atau perpustakaan sekolah
(mengamati).
18. Siswa
menghitung jumlah buku pada rak yang diamati (menalar).
19. Siswa
mengamati gambar susunan buku yang ada pada buku siswa (mengamati).
20. Siswa
mengamati gambar cara menghitung jumlah buku dengan menggunakan sistem blok
dienes (mengamati).
21. Siswa
bertanya tentang gambar yang telah diamati (menanya).
22. Siswa
menyebutkan banyak benda berdasarkan pengamatan (mengomunikasikan).
23. Siswa
membilang banyak benda berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa
(menalar).
24. Dari
kegiatan membilang yang telah dilakukan, siswa menyebutkan banyak benda
berdasarkan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
25. Siswa
membuat kalimat dengan menggunakan salahsatu lambang bilangan dari lima
bilangan pada kegiatan membilang yang telah dilakukan sebelumnya (menalar).
26. Siswa
menyalin kalimat yang telah dibuat dalam huruf tegak bersambung (mencoba).
27. Siswa
mengamati gambar tumpukan buku pada beberapa rak (mengamati).
28. Siswa
membandingkan banyak buku yang ada pada masingmasing rak (menalar).
29. Siswa
mengamati sebuah barisan bilangan yang ada pada buku siswa (mengamati).
30. Siswa
menyebutkan pola bilangan pada barisan bilangan yang diamati
(mengomunikasikan).
31. Siswa
melengkapi barisan bilangan berpola +1 (menalar).
32. Siswa
menulis teks buku harian tentang kegiatan bersama anggota keluarga dengan
menggunakan EYD yang tepat (mencoba).
33. Siswa
menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin pada teks
buku harian yang ditulis (mencoba).
34. Siswa
menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin
pada teks buku harian yang ditulis (mengomunikasikan).
35. Siswa
menyanyikan kembali lagu Ruri Abangku sesuai ketukan dengan menggunakan alat
musik ritmis.
36. Guru
menugaskan siswa menulis contoh kalimat permohonan maaf.
37. Siswa
diminta menceritakan kembali keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis
kelamin.
38. Siswa
diberikan latihan tentang membilang dengan menggunakan kubus satuan
39. Bagi
siswa yang mengalami kesulitan dalam memainkan alat musik ritmis diberikan
bimbingan, bimbingan dapat diberikan di luar jam pelajaran.
40. Bagi
siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis kalimat permohonan maaf diberikan
bimbingan berupa latihan dan contoh-contoh kalimat permohonan maaf yang lebih
beragam.
41. Bagi
siswa yang kesulitan dalam menulis teks buku harian tentang kebersamaan dengan
anggota keluarga diberikan bimbingan secara berkala.
42. Bagi
siswa yang kesulitan dalam membilang dengan menggunakan kubus satuan diberikan
latihan tambahan.
c.
Kegiatan
penutup
1. Siswa
menuliskan refleksi dari kegiatan hari itu,contoh :
·
Apa yang kalian
pelajari dari kegiatan hari ini?
·
Apa kesulitan yang
kalian temui?
·
Kegiatan apa yang
kalian sukai?
2. Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3. Guru
menutup pelajaran(salam/doa).
I.
PENILAIAN
1.
Sikap
|
|
Perubahan
tingkah laku
|
|||||||||||
no
|
Namamsiswa
|
Percaya
diri
|
teliti
|
santun
|
|||||||||
|
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
1
|
Abdul
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Ahmad
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Alifa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Ariyanda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Ariyo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a.
Menjawab
pertanyaan dari teks buku harian Udin
Jumlah Soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 25
Kunci jawaban :
1. Udin meminta maaf karena menyobek
buku kakak.
2. Karena tidak sengaja membuat
buku kakak sobek.
3. Iya, kakak memaafkan Udin.
4. Udin akan sedih, mereka bisa
bertengkar.
5.Peragaan ucapan permohonan maaf (penilaian pada aspek
keterampilan).
b.
Membilang
dengan menggunakan balok dienes atau kubus satuan
Jumlah soal : 5 buah
Maksimal:
100
Skor
setiap jawaban : 20
Kunci
jawaban :Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa.
c. Melengkapi
barisan bilangan +1
Jumlah
soal : 5 buah
Skor
maksimal: 100
Skor
setiap jawaban : 20
Kunci
jawaban :
1. 38, 39, 40, 41, 42
2. 40, 41, 42, 43, 44
3. 44, 45, 46, 47, 48
4. 44, 45, 46, 47, 48
5. 45, 46, 47, 48, 49
3.
Keterampilan
a.
Menyanyi
dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk
kerja
Rubrik
menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
No
|
Nama
|
Kriteria
|
|||
|
|
Penugasan lagu
|
Kemampuan memainkan alat musik
ritmis
|
Kotak score
|
Nilai
|
1
|
Abdul
|
|
|
|
|
2
|
Ahmad
|
|
|
|
|
3
|
Alifa
|
|
|
|
|
4
|
Ariyanda
|
|
|
|
|
5
|
Ariyo
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Penugasan lagu :
4
: Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru 3 :Terkadang kurang
konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru
2:
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat walaupun telah
dibimbing guru.
1:
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru.
Kemampuan memainkan
alat music ritmis :
no
|
Nama siswa
|
Kriteria
|
Nilai
|
||
|
|
Penugasan lagu
|
Kemampuan memainkan alat musik ritmis
|
Kotak score
|
|
1.
|
Abdul
|
|
|
|
|
2.
|
Ahmad
|
|
|
|
|
3.
|
Alifa
|
|
|
|
|
4.
|
Ariyanda
|
|
|
|
|
5.
|
Ariyo
|
|
|
|
|
Keterangan
:Penugasan Lagu
4 : Konsisten menyanyi
dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru. (baik sekali)
3 : Terkadang kurang
konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru. (baik)
2 : Terkadang kurang
konsisten menyanyi dengan nada yang tepat walaupun telah dibimbing guru.
(cukup)
1 : Menyanyi dengan
nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru. (perlu bimbingan)
Keterangan
: kemampuan memainkan alat music ritmis
4 : Mampu
mengembangkan ritmis dari pola yang disajikan. (baik sekali)
3 : Hanya mampu
memainkan ritmis dari pola yang disajikan, tapi tidak mampu untuk
mengembangkan. (baik )
2 : Mengalami
kesulitan dalam meniru ritmis yang disajikan. (cukup)
1 : Tidak mampu sama
sekali meniru ritmis yang disajikan.(perlu bimbingan)
b.
Memperagakan
ucapan permohonan maaf
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik Penilaian Memperagakan
Ucapan Permohonan Maaf
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Nilai
|
||||
Ekspresi
|
Lafal
|
Intonasi
|
Volume suara
|
Kotak score
|
|||
1.
|
Abdul
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ahmad
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Alifa
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Ariyanda
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Ariyo
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: ekspresi
4 : Mimik wajah dan
gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten.(baik sekali)
3 : Mimik wajah dan
gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.(baik)
2 : Mimik wajah dan
gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.(cukup)
1 : Monoton, tanpa
ekspresi. (perlu bimbingan)
Keterangan : lafal
4 : Dialog dilafalkan
dengan tepat dan jelas. (baik sekali)
3 : Ada 1-2 kata yang
kurang tepat pelafalannya. (baik)
2 : Lebih dari 2 kata
belum tepat pelafalannya. (cukup)
1 : Hampir semua kata
belum tepat pelafalannya. (perlu bimbingan)
Keterangan : intonsi
4 : Intonasi sesuai
dengan dialog secara konsisten. (baik sekali)
3 : Intonasi sesuai
dengan dialog namun kurang konsisten. (baik)
2 : Intonasi tidak
sesuai dengan dialog. (cukup)
1 : Tanpa intonasi.
(perlu bimbingan)
Keterangan : volume suara
4 : Volume suara keras
dan jelas. (baik sekali)
3 : Volume suara
jelas. (baik)
2 : Volume suara
kurang jelas. (cukup)
1 : Suara sangat pelan
dan tidak jelas. (perlu bimbingan)
c. Menulis
teks buku harian
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Menulis Teks Buku Harian
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Nilai
|
||||
|
Penggunaan huruf besar, dan tanda
baca
|
Kesesuaian isi teks yang
ditulis dengan tema buku
harian
|
penulisan
|
Penggunaan kalimat yang
efektif
|
Kotak score
|
||
1.
|
Abdul
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ahmad
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Alifa
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Ariyanda
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Ariyo
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : penggunaan huruf besar dan
tanda baca
4 : Menggunakan huruf
besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir
kalimat. (baik sekali)
3 : Terdapat 1-2
kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.(baik)
2 : Terdapat lebih
dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.(cukup)
1 : Tidak satu pun
kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.(perlu bimbingan)
Keterangan : Kesesuaian isi teks yang
ditulis dengan tema buku harian
4 : Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai judul atau tema. (baik sekali)
3 : Setengah atau
lebih isi teks sesuai judul atau tema. (baik)
2 : Kurang dari
setengah isi teks sesuai judul atau tema.(cukup)
1 : Semua isi teks belum
sesuai. (perlu bimbingan)
Keterangan : penulisan
4 : Penulisan kata sudah
tepat. (baik sekali)
3 : Terdapat 1-2 kata
yang belum tepat penulisannya.(baik)
2 : Terdapat lebih
dari 2 kata yang belum tepat penulisannya.(cukup)
1 : Semua kata belum
tepat dalam penulisan. (perlu bimbingan)
Keterangan : Penggunaan kalimat yang efektif
4 : Semua kalimat
menggunakan kalimat yang efektif.(baik sekali)
3 : Terdapat 1-2 kalimat
menggunakan kalimat yang kurang efektif.(baik)
2 : Terdapat lebih
dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.(cukup)
1 : Semua kalimat
menggunakan kalimat yang belum efektif.(perlu bimbingan)
J.
Sumber
dan Alat Bantu Pembelajaran
Sumber
:
1. Afriki,
dkk. 2013. Buku guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk
SD/MI Kelas II Tema Hidup Rukun. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
2. Afriki,
dkk. 2013. Buku siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk
SD/MI Kelas II Tema Hidup Rukun. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Alat bantu pembelajaran :
1. Teks
lagu “Ruri Abangku”.
2. Contoh
teks buku harian Udin.
3. Gambar
operasi hitung menggunakan kubus satuan.
4. Gambar
beberapa rak buku yang berkaitan dengan barisan bilangan +1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar