RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas/Semester
:
3/II
Mata
Pelajaran/tema :
Matematika
Materi
:
Luas persegi dan persegi panjang
Jumlah
Pertemuan : 1 × pertemuan
A.
Standar
Kompetensi
5.
Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya
dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar (KD)
5.2
Menghitung luas persegi dan persegi panjang
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
5.2.1
Menjelaskan luas sebagai daerah dari bidang datar.
5.2.2
Membandingkan dan mengurutkan luas persegi dan persegi panjang
5.2.3
Menghitung luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan petak satuan
5.2.4
menemukan cara menghitung luas persegi dan persegi panjang
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah melakukan peragaan menggunakan
kertas origami serta bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan luas sebagai
daerah dari bidang datar
2.
Setelah melakukan peragaan menggunakan
kertas origami serta bimbingan guru, siswa dapat membandingkan dan mengurutkan
luas persegi dan persegi panjang
3.
Setelah melakukan peragaan menggunakan
papan berpetak serta bimbingan guru, siswa dapat menghitung luas persegi dan
persegi panjang
4.
Setelah melakukan peragaan menggunakan kertas
karton yang berisi tabel serta bimbingan guru, siswa dapat menemukan cara
menghitung luas persegi dan persegi panjang
v Karakter
Siswa yang diharapkan :
Rasa
ingin tahu, mandiri, kreatif, kerja keras, disiplin, demokrasi, tanggung jawab,
teliti, menghargai prestasi
I.
Materi
Ajar
A.
Menjelaskan
Luas sebagai Daerah Bidang Datar
Luas
daerah bidang datar adalah banyak persegi satuan yang menutupi bangun tersebut.
Perhatikan
gambar berikut!
Gambar persegi panjang Potongan persegi panjang
Apabila
kita mencari luas persegi panjang, artinya kita harus menghitung banyaknya
satuan luas dari daerah yang dibatasi sisi-sisi persegi panjang tersebut.
Luas
gambar persegi panjang A sama dengan bagian yang diarsir persegi panjang B.
Bagian yang diarsir disebut juga sebagai daerah atau wilayah dari persegi
panjang yang dimaksud. Jadi, luas bangun datar adalah luas dari daerah bangun
datar tersebut.
B.
Membandingkan
dan Mengurutkan Luas persegi dan Persegi panjang
Perhatikan Contoh
berikut!
Gambar bangun datar manakah yang lebih
luas?
Bangun
yang lebih luas adalah bangun pada gambar B, karena bangun B lebih besar dari
bangun A
C.
Menghitung Luas Daerah Persegi dan Persegi Panjang
dengan menggunakan Petak Satuan
Perhatikan contoh berikut!
Tentukan luas bangun
dibawah ini dengan menghitung petak satuannya.
Jawab:
Untuk menghitung luas
persegi panjang diatas, kita harus menghitung semua petak yang ada dalam
persegi panjang tersebut. Menghitung
banyak persegi satuan sama dengan menghitung luas bidang datar tersebut.
Dari gambar diatas
ternyata banyak petak satuan adalah 20 petak satuan. Jadi, luas persegi panjang
diatas adalah 20 petak satuan.
D.
Menemukan Cara Menghitung Luas Persegi dan Persegi Panjang
Mencari luas bangun
datar dengan menghitung petak-petak satuan dapat dilakukan dengan cepat, jika
bangun datar tersebut tidak terlalu besar.
Tetapi jika bangun
datarnya cukup besar maka kita akan kesulitan menghitungnya. Adakah cara lain
yang lebih mudah menghitungnya?
Kegiatan
:
Bangun
datar
|
panjang
|
lebar
|
Panjang
× lebar
|
Luas
|
2
|
1
|
2 × 1
|
2
|
|
2
|
2
|
2 × 2
|
4
|
Kesimpulan
:
Luas
persegi panjang = panjang × lebar
Pada bangun persegi, ukuran panjang dan
lebarnya adalah sama. Misalkan panjang dan lebarnya adalah panjang sisi, maka :
Luas
persegi = sisi × sisi
II.
Alokasi waktu
(2 × 35 menit)
III.
Metode pembelajaran
Demonstrasi,
tanya-jawab, penugasan
IV.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Kegiatan pendahuluan
1. Salam
dan doa
2. Absensi
3. Guru
memberikan apersepsi kepada murid, seperti: “Siapa yang tahu apa rumus keliling
bangun datar persegi dan persegi panjang?”
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
5. Guru
menyampaikan poin-poin materi pembelajaran
B. Kegiatan Inti
1. Murid
diminta memperhatikan gambar persegi panjang dipapan tulis dan 1 kertas origami
berbentuk potongan persegi panjang yang besarnya sama dengan gambar persegi panjang.
(eksplorasi)
2. Murid
mendengarkan penjelasan dari guru tentang Luas sebagai Daerah dari Bidang
datar. (eksplorasi)
3. Murid
diminta mengulangi kembali penjelasan yang diberikan oleh guru dengan bimbingan
dari guru. (elaborasi)
4. Murid
diminta membandingkan dan mengurutkan dua kertas origami berbentuk persegi
panjang sesuai dengan luasnya. (elaborasi)
5. Murid
mendengarkan penjelasan dari guru tentang dua kertas origami yang telah
dibandingkan tadi. (konfirmasi)
6. Murid
memperhatikan papan berpetak yang di perlihatkan guru. (eksplorasi)
7. Murid
diberi penjelasan tentang cara menghitung luas daerah persegi dan persegi
panjang dengan menggunakan petak satuan. (eksplorasi)
8. Murid
dibimbing oleh guru untuk menghitung luas daerah persegi panjang dengan
menggunakan petak satuan. (elaborasi)
9. Murid
mendengarkan penjelasan tentang luas daerah persegi panjang, yang telah
dihitung bersama-sama dengan menggunakan petak satuan. (konfirmasi)
10. Murid
memperhatikan kertas karton yang berisi tabel, yang ditempelkan guru pada papan
tulis. (eksplorasi)
11. Murid
bersama dengan guru melengkapi tabel guna menemukan cara menghitung luas
persegi dan persegi panjang dengan rumus. (eksplorasi)
12. Murid
mendengarkan penjelasan dari guru tentang cara menghitung luas daerah persegi
dan persegi panjang menggunakan rumus yang telah ditemukan bersama.
(konfirmasi)
13. Murid
memperhatikan contoh soal mengenai cara menghitung luas persegi dan persegi
panjang dengan menuliskan:
a. Apa
yang diketahui?
b. Apa
yang ditanyakan?
c. Bagaimana
cara menyelesaikannya? (eksplorasi)
14. Murid
diminta mengerjakan 3 soal latihan dengan menuliskan :
a. Apa
yang diketahui?
b. Apa
yang ditanyakan?
c. Bagaimana
cara menyelesaikannya?
Setelah
selesai mengerjakan soal, murid diminta untuk mengumpulkan pekerjaannya.
(elaborasi)
15. Setelah
murid mengumpulkan tugas, guru memberikan penjelasan tentang tugas yang telah
dikerjakan murid, dan mengoreksinya serta menempelkan bintang dibuku murid yang
berhasil mengerjakannya dengan benar, dan memberi motivasi pada murid lain yang
belum bisa menjawab. (konfirmasi)
C. Kegiatan Penutup
1. Guru
dan murid menyimpulkan pelajaran tentang luas persegi dan persegi panjang, yang
telah dipelajari tadi.
2. Guru
bertanya pada murid “apa ada materi hari ini yang belum kalian mengerti?”
3. Guru
menutup pelajaran dengan salam dan doa.
V.
Penilaian
A. Teknik : Tes
B.
Prosedur
Penilaian
Hasil : Kemampuan
murid mengerjakan Tugas
C.
Jenis
Tes : Tertulis
D.
Bentuk
Tes : Essay
E.
Instrumen
Penilaian :
a. Tes
1.
Urutkan bangun datar dibawah ini dari yang paling luas. Urutannya adalah:
..., ..., ...
2.
Tentukan luas bangun datar dibawah ini dengan menghitung petak
satuannya.
3.
Hitunglah luas persegi panjang dibawah ini dengan menggunakan rumus.
Periksa jawabanmu dengan menghitung banyaknya petak demi petak.
Panjang
=....
Lebar
=....
Panjang
× lebar =....
Luas
petak satuan= ....
4.
Hitunglah luas persegi dan persegi panjang berikut ini menggunakan
rumus luas persegi dan persegi panjang!
5.
Hitunglah luas persegi dan persegi panjang berikut
ini menggunakan rumus luas persegi dan persegi panjang!
b.
Kunci Jawaban
1.
Urutannya adalah: c, a, b
2.
Luas = 12 petak satuan
3.
Diketahui: panjang= 5 satuan, lebar = 3satuan
Ditanya : Luas= .... petak satuan
Penyelesaian : p × l
Jawab : 5satuan × 3 satuan
= 15 petak satuan
Jadi, Luas persegi panjang adalah 15 petak satuan
4.
Diketahui : panjang sisi = 6cm
Ditanya : Luas=....?
Penyelesaian: L=sisi × sisi
Jawab :
L=6cm × 6cm
L=
Jadi, luas persegi adalah
5.
Diketahui
: panjang = 8cm, lebar = 4cm
Ditanya :
Luas=....?
Penyelesaian
:L= Panjang × lebar
Jawab :L= 8cm
× 4cm
=
Jadi, luas persegi panjang adalah
Pedoman Penilaian
No
|
Penilaian
soal
|
Skor
total
|
|
1.
|
Jawaban benar
|
20
|
|
2.
|
Jawaban benar
|
20
|
|
3.
|
Diketahui = 4
Ditanya = 4
Penyelesaian dan jawab= 10
Kesimpulan = 2
|
20
|
|
4.
|
Diketahui = 4
Ditanya = 4
Penyelesaian dan jawab= 10
Kesimpulan = 2
|
20
|
|
5.
|
Diketahui = 4
Ditanya = 4
Penyelesaian dan jawab= 10
Kesimpulan = 2
|
20
|
|
Nilai akhir = ∑ skor total
|
VI.
Media dan Sumber belajar
A.
Media/alat
peraga
1. Kertas
origami berbentuk persegi panjang
2. 2
kertas origami dengan 2 luas yang berbeda
3. Papan
berpetak
4. Kertas
karton berisi tabel
B.
Sumber
Belajar
1. Standar
kompetensi BSNP.2006. Standar Kompetensi dan.
Kompetensi Dasar SD/MI.
Jakarta : BSNP
2. Khafid
M. dan Suyati. 2007. Pelajaran Matematika
untuk Sekolah
Dasar
Kelas III Penekanan Pada Berhitung. Jakarta : Erlangga
3. Triratnawati,
Defi dan Fajariyah Nur. 2008. Cerdas
Berhitung
Matematika
Untuk SD/MI Kelas III. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional (BSE)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar