RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : SD
Kelas/Semester                      : 3/II
Mata Pelajaran/tema            : Matematika
Materi                                     : Luas persegi dan persegi panjang
Jumlah Pertemuan                : 1 × pertemuan

A.    Standar Kompetensi
5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar (KD)
5.2 Menghitung luas persegi dan persegi panjang

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
5.2.1 Menjelaskan luas sebagai daerah dari bidang datar.
5.2.2 Membandingkan dan mengurutkan luas persegi dan persegi panjang
5.2.3 Menghitung luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan petak satuan
5.2.4 menemukan cara menghitung luas persegi dan persegi panjang
D. Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah melakukan peragaan menggunakan kertas origami serta bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan luas sebagai daerah dari bidang datar
2.      Setelah melakukan peragaan menggunakan kertas origami serta bimbingan guru, siswa dapat membandingkan dan mengurutkan luas persegi dan persegi panjang
3.      Setelah melakukan peragaan menggunakan papan berpetak serta bimbingan guru, siswa dapat menghitung luas persegi dan persegi panjang
4.      Setelah melakukan peragaan menggunakan kertas karton yang berisi tabel serta bimbingan guru, siswa dapat menemukan cara menghitung luas persegi dan persegi panjang

v  Karakter Siswa yang diharapkan :
Rasa ingin tahu, mandiri, kreatif, kerja keras, disiplin, demokrasi, tanggung jawab, teliti, menghargai prestasi

       I.            Materi Ajar
A.    Menjelaskan Luas sebagai Daerah Bidang Datar
Luas daerah bidang datar adalah banyak persegi satuan yang menutupi bangun tersebut.
Perhatikan gambar berikut!






 



Gambar persegi panjang        Potongan persegi panjang
Apabila kita mencari luas persegi panjang, artinya kita harus menghitung banyaknya satuan luas dari daerah yang dibatasi sisi-sisi persegi panjang tersebut.
Luas gambar persegi panjang A sama dengan bagian yang diarsir persegi panjang B. Bagian yang diarsir disebut juga sebagai daerah atau wilayah dari persegi panjang yang dimaksud. Jadi, luas bangun datar adalah luas dari daerah bangun datar tersebut.
B.     Membandingkan dan Mengurutkan Luas persegi dan Persegi panjang
Perhatikan Contoh berikut!                                  
Gambar bangun datar manakah yang lebih luas?








 



Bangun yang lebih luas adalah bangun pada gambar B, karena bangun B lebih besar dari bangun A
C.    Menghitung Luas Daerah Persegi dan Persegi Panjang dengan menggunakan Petak  Satuan
Perhatikan contoh berikut!
Tentukan luas bangun dibawah ini dengan menghitung petak satuannya.
Jawab:
Untuk menghitung luas persegi panjang diatas, kita harus menghitung semua petak yang ada dalam persegi panjang tersebut. Menghitung banyak persegi satuan sama dengan menghitung luas bidang datar tersebut.
Dari gambar diatas ternyata banyak petak satuan adalah 20 petak satuan. Jadi, luas persegi panjang diatas adalah 20 petak satuan.

D.    Menemukan Cara Menghitung Luas Persegi dan Persegi Panjang
Mencari luas bangun datar dengan menghitung petak-petak satuan dapat dilakukan dengan cepat, jika bangun datar tersebut tidak terlalu besar.
Tetapi jika bangun datarnya cukup besar maka kita akan kesulitan menghitungnya. Adakah cara lain yang lebih mudah menghitungnya?
Kegiatan :
Bangun datar
panjang
lebar
Panjang × lebar
Luas




2

1

2 × 1

2






2


2


2 × 2


4
Kesimpulan :
Luas persegi panjang = panjang × lebar
Pada bangun persegi, ukuran panjang dan lebarnya adalah sama. Misalkan panjang dan lebarnya adalah panjang sisi, maka :
Luas persegi = sisi × sisi

    II.            Alokasi waktu
(2 × 35 menit)

 III.            Metode pembelajaran
Demonstrasi, tanya-jawab, penugasan

 IV.            Kegiatan Pembelajaran
A.    Kegiatan pendahuluan
1.      Salam dan doa
2.      Absensi
3.      Guru memberikan apersepsi kepada murid, seperti: “Siapa yang tahu apa rumus keliling bangun datar persegi dan persegi panjang?”
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
5.      Guru menyampaikan poin-poin materi pembelajaran
B.     Kegiatan Inti
1.      Murid diminta memperhatikan gambar persegi panjang dipapan tulis dan 1 kertas origami berbentuk potongan persegi panjang yang besarnya sama dengan gambar persegi panjang. (eksplorasi)
2.      Murid mendengarkan penjelasan dari guru tentang Luas sebagai Daerah dari Bidang datar. (eksplorasi)
3.      Murid diminta mengulangi kembali penjelasan yang diberikan oleh guru dengan bimbingan dari guru. (elaborasi)
4.      Murid diminta membandingkan dan mengurutkan dua kertas origami berbentuk persegi panjang sesuai dengan luasnya. (elaborasi)
5.      Murid mendengarkan penjelasan dari guru tentang dua kertas origami yang telah dibandingkan tadi. (konfirmasi)
6.      Murid memperhatikan papan berpetak yang di perlihatkan guru. (eksplorasi)
7.      Murid diberi penjelasan tentang cara menghitung luas daerah persegi dan persegi panjang dengan menggunakan petak satuan. (eksplorasi)
8.      Murid dibimbing oleh guru untuk menghitung luas daerah persegi panjang dengan menggunakan petak satuan. (elaborasi)
9.      Murid mendengarkan penjelasan tentang luas daerah persegi panjang, yang telah dihitung bersama-sama dengan menggunakan petak satuan. (konfirmasi)
10.  Murid memperhatikan kertas karton yang berisi tabel, yang ditempelkan guru pada papan tulis. (eksplorasi)
11.  Murid bersama dengan guru melengkapi tabel guna menemukan cara menghitung luas persegi dan persegi panjang dengan rumus. (eksplorasi)
12.  Murid mendengarkan penjelasan dari guru tentang cara menghitung luas daerah persegi dan persegi panjang menggunakan rumus yang telah ditemukan bersama. (konfirmasi)
13.  Murid memperhatikan contoh soal mengenai cara menghitung luas persegi dan persegi panjang dengan menuliskan:
a.       Apa yang diketahui?
b.      Apa yang ditanyakan?
c.       Bagaimana cara menyelesaikannya?  (eksplorasi)
14.  Murid diminta mengerjakan 3 soal latihan dengan menuliskan :
a.       Apa yang diketahui?
b.      Apa yang ditanyakan?
c.       Bagaimana cara menyelesaikannya?
Setelah selesai mengerjakan soal, murid diminta untuk mengumpulkan pekerjaannya. (elaborasi)
15.  Setelah murid mengumpulkan tugas, guru memberikan penjelasan tentang tugas yang telah dikerjakan murid, dan mengoreksinya serta menempelkan bintang dibuku murid yang berhasil mengerjakannya dengan benar, dan memberi motivasi pada murid lain yang belum bisa menjawab. (konfirmasi)
C.    Kegiatan Penutup
1.      Guru dan murid menyimpulkan pelajaran tentang luas persegi dan persegi panjang, yang telah dipelajari tadi.
2.      Guru bertanya pada murid “apa ada materi hari ini yang belum kalian mengerti?”
3.      Guru menutup pelajaran dengan salam dan doa.
    V.            Penilaian
A.    Teknik                             : Tes
B.     Prosedur
Penilaian Hasil                : Kemampuan murid mengerjakan Tugas
C.    Jenis Tes                                     : Tertulis
D.    Bentuk Tes                     : Essay
E.     Instrumen Penilaian      :
a.       Tes      
1.      Urutkan bangun datar dibawah ini dari yang paling luas. Urutannya adalah: ..., ..., ...












 


2.      Tentukan luas bangun datar dibawah ini dengan menghitung petak satuannya.


3.      Hitunglah luas persegi panjang dibawah ini dengan menggunakan rumus. Periksa jawabanmu dengan menghitung banyaknya petak demi petak.
                                                            Panjang =....
                                                            Lebar =....
                                                            Panjang × lebar =....
                                                            Luas petak satuan= ....

4.      Hitunglah luas persegi dan persegi panjang berikut ini menggunakan rumus luas persegi dan persegi panjang!
 



5.      Hitunglah luas persegi dan persegi panjang berikut ini menggunakan rumus luas persegi dan persegi panjang!



b.      Kunci Jawaban

1.      Urutannya adalah: c, a, b
2.      Luas = 12 petak satuan
3.      Diketahui: panjang= 5 satuan, lebar = 3satuan
Ditanya : Luas= .... petak satuan         
Penyelesaian : p × l
Jawab : 5satuan × 3 satuan
               = 15 petak satuan
Jadi, Luas persegi panjang adalah 15 petak satuan
4.      Diketahui : panjang sisi = 6cm
Ditanya : Luas=....?
Penyelesaian: L=sisi × sisi
Jawab :
L=6cm × 6cm
L=
Jadi, luas persegi adalah

5.      Diketahui : panjang = 8cm, lebar = 4cm
Ditanya : Luas=....?
Penyelesaian :L= Panjang × lebar
Jawab :L= 8cm × 4cm
               =
               Jadi, luas persegi panjang adalah


Pedoman Penilaian
No
Penilaian soal
Skor total

1.
Jawaban benar
20

2.
Jawaban benar
20

3.
Diketahui = 4
Ditanya = 4
Penyelesaian dan jawab= 10
Kesimpulan = 2
20

4.
Diketahui = 4
Ditanya = 4
Penyelesaian dan jawab= 10
Kesimpulan = 2
20

5.
Diketahui = 4
Ditanya = 4
Penyelesaian dan jawab= 10
Kesimpulan = 2
20


Nilai akhir = ∑ skor total


 VI.            Media dan Sumber belajar
A.    Media/alat peraga
1.      Kertas origami berbentuk persegi panjang
2.      2 kertas origami dengan 2 luas yang berbeda
3.      Papan berpetak
4.      Kertas karton berisi tabel
B.     Sumber Belajar
1.      Standar kompetensi BSNP.2006. Standar Kompetensi dan.
           Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta : BSNP
2.      Khafid M. dan Suyati. 2007. Pelajaran Matematika untuk Sekolah
Dasar Kelas III Penekanan Pada Berhitung. Jakarta : Erlangga
3.      Triratnawati, Defi dan Fajariyah Nur. 2008. Cerdas Berhitung
Matematika Untuk SD/MI Kelas III. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (BSE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar