RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/Semester : V/2
Mata Pelajaran
: Matematika
Materi : Volume Balok
Jumlah Pertemuan : 1
x pertemuan
Standar Kompetensi :
Geometri dan Pengukuran
4.
Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar :
4.1
Menghitung volume kubus dan balok
Indikator :
4.1.1
Menemukan rumus volume balok dengan menghitung jumlah kubus satuan
4.1.2
Menghitung volume balok menggunakan rumus
I.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan melakukan peragaan
menggunakan kubus satuan, siswa dapat menemukan rumus volume balok
2.
Dengan menggunakan media
kubus satuan, siswa dapat menghitung volume balok
3. Dengan penugasan,
siswa dapat menghitung volume balok menggunakan rumus
Karakter siswa yang diharapkan
Rasa
ingin tahu, mandiri, kreatif, teliti,
II.
Materi
Pembelajaran
Kubus
dan balok merupakan bangun ruang. Tahukah kamu sifat-sifat balok dan kubus?
Lalu bagaimanakah cara menghitung volume kubus dan balok?
Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini.
1.
Jika kardus besar A diisi kardus-kardus kecil berbentuk kubus, berapa
kardus kecil yang dapat dimasukkan?
2. Begitu juga untuk kardus besar
B, berapa banyak kardus kecil berbentuk kubus yang dapat dimasukkan?
Kardus besar A tepat memuat 150 kardus kecil. Dikatakan bahwa volume kardus
besar A 150 kardus kecil. Kardus besar B tepat memuat 80 kardus kecil.
Dengan kata lain bahwa volume kardus besar B 80 kardus kecil. Jadi, dapat
dikatakan bahwa volume kardus A dan B dinyatakan dalam satuan kardus kecil
berbentuk kubus. Sekarang kamu akan mempelajari volume kubus dan
balok menggunakan kubus satuan.
A.
Menghitung volume Kubus dan Balok
1.
Volume Balok
Perhatikan susunan kubus satuan
yang membentuk balok di bawah ini.
– Alas balok terdiri atas:
6 × 4 = 24 kubus satuan.
– Tinggi balok = 4 kubus satuan.
– Jumlah kubus satuan = 4 × 24 = 96buah.
III.
Alokasi waktu
2 x 35 menit
IV.
Metode Pembelajaran
- Saintifik
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Ceramah
- Penugasan
V.
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
1. Salam
2. Berdoa
3. Absensi
4. Apersepsi
Informasi materi yang akan diajarkan:
a.
Anak- anak, siapa yang pernah melihat akuarium?
b.
Pernahkah
kalian memperhatikan bentuk akuarium, bangun ruang apakah yang mirip dengan
bentuk akuarium? (jawaban: balok)
5. Informasi
tentang tujuan pembelajaran
b. Kegiatan
Inti
1. Peserta didik memeperhatikan media balok yang disediakan
oleh guru yang terbuat dari plastik mika dan beberapa kubus satuan yang
diletakkan di atas meja. (Eksplorasi)
2. Peserta didik(dipilih satu orang) diminta untuk ke depan
kelas. (Elaborasi)
3. Peserta didik yang dipilih, dibimbing untuk memasukkan
satu per satu kubus-kubus satuan ke
dalam balok transparan sampai balok penuh(terisi). (Elaborasi)
4. Peserta didik bersama guru menghitung banyak kubus satuan pada tiap-tiap sisi balok. (Elaborasi)
5. Peserta didik dibimbing untuk
menemukan rumus volume balok dengan
menemukan hubungan antara ukuran panjang, lebar,
tinggi kubus tersebut.
(Elaborasi)
6. Peserta didik diberikan contoh soal
menghitung volume balok menggunakan rumus. (Elaborasi)
7. Peserta didik memperhatikan
contoh soal mengenai cara menghitung volume
balok dengan menuliskan:
a. Apa
yang diketahui?
b. Apa
yang ditanyakan?
c. Bagaimana
cara menyelesaikannya? (eksplorasi)
8. Peserta didik(dipilih salah satu) diminta
oleh guru maju kedepan untuk menghitung volume balok dengan menggunakan
rumus yang telah ditemukan.
(Elaborasi)
9. Peserta didik di beri penjelasan dan jawaban sebenarnya tentang soal yang telah dikerjakan (Konfirmasi)
10. Peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas
yang terdapat di buku paket, dikerjakan pada buku tugas masing-masing. Kemudian
dikumpulkan. (Elaborasi)
11. Setelah
murid mengumpulkan tugas, guru
mengoreksinya serta menempelkan bintang dibuku murid yang berhasil mengerjakannya
dengan benar, dan memberi motivasi pada murid lain yang belum bisa menjawab.
(konfirmasi)
c. Kegiatan Akhir
1. Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan pelajaran
tentang menghitung voulme balok, yang telah dipelajari tadi.
2. Guru bertanya pada peserta didik “apa ada materi yang
belum dimengerti, atau ada pertanyaan?”
3. Berdoa
4. Salam
VI.
Penilaian Hasil Belajar
A. Teknik : Tes
B. Prosedur
Penilaian
Hasil : Kemampuan murid
mengerjakan Tugas
C. Jenis
Tes : Tertulis
D. Bentuk
Tes : Essay
E. Instrumen
Penilaian :
Jawablah
soal-soal dibawah ini dengan menggunakan langkah-langkah penyelesaian soal!
1.
Hitunglah volume balok di samping ?
|
2.
Sebuah balok memiliki panjang 12 kubus satuan, lebar
5 kubus satuan dan tinggi 4 kubus satuan. Hitungl volume balok di samping
|
3.
Sebuah balok memiliki
panjang sebanyak 10 kubus satuan, lebar 4 kubus satuan dan tinggi balok
sebanyak 5 kubus satuan. Hitunglah berapa volume balok di samping ?
|
F.
Kunci Jawaban :
1. Diketahui : panjang= 4 satuan,
Lebar=3 satuan, tinggi=2 satuan
Ditanya : volume balok=....?
Jawab : p×l×t
=4 × 3 × 2
=24 kubus satuan
2. Diketahui : panjang=12 satuan, Lebar=5 satuan, tinggi=4 satuan
Ditanya : volume balok=....?
Jawab : p×l×t
=12× 5 × 4
=240 kubus satuan
3. Diketahui :
panjang=10 satuan, Lebar=4 satuan,
tinggi=5 satuan
Ditanya : volume balok=....?
Jawab : p×l×t
=10× 4 × 5
=200 kubus satuan
G.
Pedoman Penilaian/Penskoran
Soal
nomor 1
NO
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menuliskan
apa yang diketahui, jika benar
|
2
|
2
|
Menuliskan
apa yang ditanyakan, jika benar
|
2
|
3
|
Menjawab
penyelesaian soal, jika benar
|
6
|
Jumlah
|
10
|
Soal
nomor 2
NO
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menuliskan
apa yang diketahui, jika benar
|
2
|
2
|
Menuliskan
apa yang ditanyakan, jika benar
|
2
|
3
|
Menjawab
penyelesaian soal, jika benar
|
6
|
Jumlah
|
10
|
Soal
nomor 3
NO
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menuliskan
apa yang diketahui, jika benar
|
2
|
2
|
Menuliskan
apa yang ditanyakan, jika benar
|
2
|
3
|
Menjawab
penyelesaian soal, jika benar
|
6
|
Jumlah
|
10
|
VII.
Media
Pembelajaran dan Sumber Belajar
a. Media/alat peraga
§ Kubus satuan
§ Balok dari mika
b. Sumber belajar
§ Y.D Sumanto, Heny Kusumawati, Nur Aksin. 2008. Gemar
Matematika 5. Jakarta
: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
§ R.J Soenarjo. 2008. Matematika.
Jakarta : Pusat Perbukuan
Departemen
Pendidikan Nasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar