RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SD
Kelas / semester :
2 (dua) / 2 (dua)
Tema pembelajaran :
Gejala Alam
Jumlah pertemuan :
1 X pertemuan (3 X 30 menit)
A.
Standar
kompetensi
8. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda sekitar
dan menyalin puisi
B.
Kompetensi
dasar
8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
yang rapi
C.
Indikator
pencapaian kompetensi
8.2.1 Menulis puisi dengan huruf tegak bersambung
D.
Tujuan
pembelajaran
1.
Setelah
melihat contoh-contoh puisi yang ditulis oleh guru di papan tulis, siswa dapat
menulis puisi dengan huruf tegak bersambung
E.
Materi
ajar
Menulis huruf tegak bersambung
F.
Alokasi
waktu
3 X 30 Menit ( 1 X pertemuan)
G.
Metode
pembelajaran
Pemodelan
H.
Kegiatan
pembelajaran
1.
Kegiatan
awal
a)
Salam
b)
Do’a
c)
Mengecek
kehadiran siswa
d)
Apersepsi
: “saat duduk di kelas 1, kalian pernah belajar menulis tegak bersambung,
kalian sudah pandai menulis tegak bersambung?” “nah, kalian akan berlatih
menulis lagi, agar tulisan kalian lebih rapi”.
e)
Informasi
tujuan pembelajaran : “dalam pembelajaran hari ini bapak harapkan setelah
melihat contoh tulisan tegak bersambung, kalian dapat menulis tegak bersambung
dengan rapi”
2.
Kegiatan
inti
a)
Siswa
diminta untuk membacakan puisi yang da dibuku
b)
Siswa
mengamati tulisan guru di papan tulis
c)
Siswa
menulis tulisan guru di buku siswa
d)
Siswa
dibimbing oleh guru untuk menulis dengan rapi
e)
Siswa
diminta untuk menyalin puisi anak yang ada di buku dengan tulisan tegak
bersambung
f)
Siswa
dibimbing untuk menyelesaikan tulisan denga rapi
g)
Siswa
diminta untuk mengumpulkan tulisannya
3.
Kegiatan
akhir
a)
Refleksi
: “ Apakah pembelajaran hari ini menyenangkan ?”
b)
Do’a
c)
Salam
I.
Penilaian
hasil belajar
Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
||
Kerapian
|
kebersihan
|
Ketelitian
|
|||
1
|
|||||
2
|
Kriteria:
A = Baik Sekali (80 - 100)
B = Baik (70 – 79)
C = Cukup (60 – 69)
D = Kurang (59 - 0)
J.
Media
dan sumber
a)
Media
1.
Puisi
anak
2.
Kertas
karton
b)
Sumber
1. Badan
Standar Nasional Pendidikan. 2006. Kurikulum
Tingkat
Satuan pendidikan.
Jakarta: Depdiknas.
2. Ismoyo,
Romiyatun. 2007. Aku bangga Bahasa
Indonesia sekolah
dasar 2. Jakarta: depdiknas.
Halaman : 72-74
3.
Nur’aini, Umri. 2008. Bahasa Indonesia Untuk Kelas 2. Jakarta:
Depdiknas. Halaman : 46-47.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar