Senin, 27 Juni 2016

RPP Bahasa indonesia tentang gejala alam



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan      : SD
Kelas / semester          : 2 (dua) / 2 (dua)
Tema pembelajaran     : Gejala Alam
Jumlah pertemuan       : 1 X pertemuan (3 X 30 menit)
A.    Standar kompetensi
8. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda sekitar dan menyalin puisi

B.     Kompetensi dasar
8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi

C.     Indikator pencapaian kompetensi
8.2.1 Menulis puisi dengan huruf tegak bersambung

D.    Tujuan pembelajaran

1.      Setelah melihat contoh-contoh puisi yang ditulis oleh guru di papan tulis, siswa dapat menulis puisi dengan huruf tegak bersambung
E.     Materi ajar
Menulis huruf tegak bersambung


F.      Alokasi waktu
3 X 30 Menit ( 1 X pertemuan)

G.    Metode pembelajaran
Pemodelan

H.    Kegiatan pembelajaran
1.      Kegiatan awal
a)      Salam
b)      Do’a
c)      Mengecek kehadiran siswa
d)     Apersepsi : “saat duduk di kelas 1, kalian pernah belajar menulis tegak bersambung, kalian sudah pandai menulis tegak bersambung?” “nah, kalian akan berlatih menulis lagi, agar tulisan kalian lebih rapi”.
e)      Informasi tujuan pembelajaran : “dalam pembelajaran hari ini bapak harapkan setelah melihat contoh tulisan tegak bersambung, kalian dapat menulis tegak bersambung dengan rapi”

2.      Kegiatan inti
a)      Siswa diminta untuk membacakan puisi yang da dibuku
b)      Siswa mengamati tulisan guru di papan tulis
c)      Siswa menulis tulisan guru di buku siswa
d)     Siswa dibimbing oleh guru untuk menulis dengan rapi
e)      Siswa diminta untuk menyalin puisi anak yang ada di buku dengan tulisan tegak bersambung
f)       Siswa dibimbing untuk menyelesaikan tulisan denga rapi
g)      Siswa diminta untuk mengumpulkan tulisannya

3.      Kegiatan akhir
a)      Refleksi : “ Apakah pembelajaran hari ini menyenangkan ?”
b)      Do’a
c)      Salam

I.       Penilaian hasil belajar
Penilaian Proses


No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor
Kerapian
kebersihan
Ketelitian
1





2





Kriteria:
A = Baik Sekali (80 - 100)
B = Baik (70 – 79)
C = Cukup (60 – 69)
D = Kurang (59 - 0)

J.       Media dan sumber
a)      Media
1.      Puisi anak
2.      Kertas karton


b)      Sumber
1.    Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Kurikulum Tingkat
       Satuan pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
2.   Ismoyo, Romiyatun. 2007. Aku bangga Bahasa Indonesia sekolah
 dasar 2. Jakarta: depdiknas. Halaman : 72-74
3.    Nur’aini, Umri. 2008. Bahasa Indonesia Untuk Kelas 2. Jakarta:
       Depdiknas. Halaman : 46-47.




































Tidak ada komentar:

Posting Komentar